Anton Life is complicated, but you are a mystery solver

Merasa Tak Punya Bakat? Kamu Harus Lakukan Ini

5 min read

cara menemukan bakat

Banyak orang yang bingung bagaimana cara menemukan bakat di dalam dirinya, sekalipun telah melewati jenjang pendidikan yang panjang, ataupun mencoba menggalinya dengan berbagai macam percobaan.

Mereka seolah belum siap menghadapi dunia nyata yang begitu kompetitif dan penuh dengan hal tak terduga. Bahkan tidak jarang yang merasa sekolah tak ada gunanya.

Sebelum menuju ke pembahasan yang lebih dalam, saya tegaskan terlebih dahulu bahwa saya bukan sosok orang sukses seperti bill gates (pemilik microsoft), bukan juga larry page (pendiri google) ataupun jeff bezos (pemilik amazon).

Saya hanya seorang yang berasal dari tempat antah berantah, yang tak ingin diketahui keberadaannya, namun ingin sekali berbagi kebaikan dengan segala keterbatasan yang ada.

Saya sadar, seorang murid banyak yang akhirnya lebih jenius dibanding gurunya, banyak pemain sepakbola yang lebih jago dibanding pelatihnya, dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu, saya tak ragu lagi untuk membagikan apa yang saya miliki saat ini, meskipun itu bukanlah sesuatu yang spesial.

Anggap saja tulisan ini sebagai bahan masakan mentah yang bisa kalian masak menjadi sesuatu yang lebih nikmat untuk disantap, sekaligus menjadi cara menemukan bakat di dalam diri kalian.

Bukti Nyata : Setelah Lulus Bingung Mau Ngapain

Ini adalah fenomena yang terbilang aneh, namun akhirnya terlihat jadi hal biasa karena banyak yang mengalaminya.

Semakin tinggi pendidikan, harusnya seseorang akan lebih luas pandangannya, dan semakin banyak PR yang harus dikerjakan, banyak yang harus dicoba, dan makin sibuk dengan pencarian ilmu yang tiada akhir.

Tapi di Indonesia (khususnya saat ini), justru mereka semakin bingung menghadapi dunia nyata, serta tak tau arah akan menuju kemana.

Saya tidak sedang menyalahkan sistem pendidikan, hanya saja memang perlu ada koreksi dari kebiasaan di sekolah pada umumnya.

Selama ini, di sekolah kita diajarkan untuk menjadi pemenang di semua mata pelajaran (bukan menjadi ahli di salah satu bidang), menyelesaikan apa yang ditugaskan dan yang paling saya tidak suka adalah mengerjakan sesuatu namun harus mengikuti rumus yang sudah ada.

Sementara di dunia nyata kita menghadapi situasi yang sangat bergejolak, bahkan perencanaan yang awalnya bagus bisa jadi berantakan hanya karena 1 hal saja.

Di dunia nyata juga kita justru akan menghadapi kegagalan yang hampir tiada hentinya.

Namun jika ingin menjadi seorang pemenang, maka perbaiki setiap kesalahan, bukan mencari-cari kesalahan dan mengeluh kemudian. Apalagi sampai menyalahkan keadaan yang hampir mustahil untuk kita ubah.

Jadi, lupakan sejenak masalah sistem pendidikan, kita percayakan saja kepada ahlinya. Lagipula menteri pendidikan yang sekarang (Nadiem Makarim) punya visi yang sangat bagus untuk merubah sistem pendidikan di Negara tercinta ini.

Mindset & Pola Pikir

mindset dan pola pikir
Thinking

Ini yang sering sekali saya pelajari dari orang sukses, mereka cenderung punya pemikiran positif, melihat segala sesuatu dari sisi baiknya, solutif, punya semangat tinggi dan terus belajar.

Jadi, andaikan saja mereka menjadi salah satu korban kegagalan sistem pendidikan, mereka tak mau mempermasalahkan hal itu. Yang mereka lakukan adalah mencari solusinya, yakni dengan terus belajar dan menambah pengalaman.

Dari sini kita bisa tarik kesimpulan bahwa pola pikir seseorang akan sangat mempengaruhi tindakan di setiap keadaan.

Mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik bukanlah perkara yang mudah, jika ini adalah sesuatu yang mudah maka semua orang bisa sukses dengan cepat.

Namun saya punya rahasia yang sangat ampuh untuk mengejar poin ini, yaitu dengan mengamalkan ajaran agama.

Secara tidak sadar, jika kita mendalami agama, maka mindset & pola pikir yang baik akan tertanam dalam hati.

Contoh kecil :

  • Jika kita sudah terbiasa sholat 5 waktu tepat waktu, maka sikap konsistensi & amanah (menepati janji) akan terbentuk dengan sendirinya
  • Jika kita berhusnudzon maka segala hal yang kita lihat adalah sisi baiknya (positif thinking), ini penting karena kita tak akan mudah mengeluh
  • Optimis, sifat terpuji ini juga bisa menghadirkan semangat di setiap perjuangan
  • Menuntut ilmu hingga ke liang lahat, sabda rasul ini juga membuktikan bahwa islam mengajarkan kita untuk terus belajar dan mencari ilmu
  • Tawakkal, ini juga menjadi hal yang sangat penting. Dengan tawakkal, maka kita percaya adanya sebuah harapan, kita percaya ada Tuhan yang mendukung kita
  • Ikhlas juga mengajarkan kita arti menerima. Sikap ikhlas akan membuat hati tenang, dan bisa memulai sesuatu dengan pikiran jernih
  • Akhlak yang baik, dimana-mana orang yang sikapnya baik pasti mudah diterima banyak orang, aura positif yang kita miliki bisa menjadi penolong suatu saat nanti
  • Dan banyak lainnya

Tak bisa dipungkiri, kesuksesan tak lepas dari peran Tuhan. Dan perlu kita ketahui, tak ada artinya sukses di dunia saja. Maka dari itu, jangan sampai kita melupakan tujuan kita terlahir ke dunia.

Sekalipun ingin sukses, niatkanlah untuk membantu keluarga tercinta dan orang yang membutuhkan pertolongan kita.

Dengan begitu, maka Allah tidak akan sungkan membawa kita ke jalan sukses, karena kita memang pantas mendapatkannya

Mental

mental kepribadian
Mentality

Di dunia nyata, banyak orang yang menyerah dan berjatuhan ketika mendalami sesuatu.

Kurangnya mental menjadi salah satu penyebab utama mengapa hal ini terjadi.

Ada banyak cara mengasah mental. Selain dari ajaran agama, kita bisa melatih mental dari :

1. Masalah

Saya yakin tidak ada orang yang ingin mendapatkan masalah. Tapi kenyataannya, masalah yang datang justru akan membuat kita makin kuat dan terlatih.

Jadi, jangan takut datangnya sebuah masalah, anggap saja itu adalah latihan. Lagipula Allah tidak akan menguji hambanya diluar kemampuannya.

2. Motivasi

Ditemani secangkir kopi alami, setiap hari saya menonton motivasi di pagi hari di youtube, channel yang saya tonton adalah TED Talks, Rianto Astono, Google Zeitgeist dan beberapa channel luar negeri lainnya.

Dan itu cukup membuat saya semangat untuk memulai aktivitas pagi hari dengan menciptakan konten & belajar hal baru.

Jika ada yang menganggap motivasi tak ada gunanya, maka ada yang salah dari pola pikirnya.

Orang sukses punya sejuta motivasi untuk tetap bangkit, sementara orang lemah akan mudah menyerah dan takut mencoba sesuatu.

Saya punya satu kutipan yang menarik untuk kalian ketahui :

“Orang-orang bilang bahwa motivasi tidak bertahan lama. Memang benar, begitu juga dengan mandi. Itulah mengapa kita membutuhkannya setiap hariZig Ziglar

Cara Menemukan Bakat Terpendam

cara mencari bakat
Cara Menemukan Bakat

Nah inilah inti dari artikel mengenai bagaimana cara menemukan bakat yang terpendam.

Sengaja saya tuliskan di akhir agar kalian benar-benar memahami fondasi utama dan bisa menciptakan kepribadian yang kuat sampai dengan hati & pikiran.

Layaknya pohon, jika akarnya kuat, maka tertiup angin sekencang apapun pohon tersebut akan tetap berdiri.

Nah kembali ke inti bahasan, solusi yang paling mudah jika kalian bingung mencari bakat adalah dengan cara memperbanyak ilmu pengetahuan.

Makin banyak ilmu pengetahuan, makin banyak kesempatan terciptanya sesuatu yang baru.

Dalam hal ini, makin membuka peluang mengenai apa sebenarnya bakat alami terpendam yang kita miliki.

Karena hampir segala sesuatu di dunia ini tercipta dari sebuah kombinasi, contohnya :

  • Robot diciptakan berkat gabungan ilmu fisika dan elektronika
  • Obat tercipta karena ilmu biologi dan kimia
  • Gorengan terbuat dari tempe, tepung dan beberapa bahan lainnya
  • Termasuk bakat anda

Saya sendiri telah mencoba belajar ngeblog, youtube, jual produk di marketplace, jadi influencer, jasa servis laptop, PC & HP, jasa edit & pembuatan video.

Dari berbagai ilmu tersebut, saya mendapatkan beberapa metode baru, salah satu contohnya adalah jualan produk di youtube.

Ilmu yang saya terapkan disini adalah kombinasi dari : Memanfaatkan pengalaman dari jasa servis HP sebagai bahan konten, menerapkan skill editing video untuk ngedit video dan menciptakan iklan terselubung, riset kata kunci & link building seperti ngeblog dan tentunya cara menjual produk di marketplace.

Ilmu pengetahuan yang luas juga akan membantu kita memandang sesuatu dengan lebih baik.

Sebagai contoh (ada orang yang paham ilmu jualan) : Saat ia melihat bus mainan, orang yang punya wawasan bisnis akan menggunakannya untuk dijadikan video dan bahkan menjualnya di pasaran (bisa menghasilkan), namun orang yang tak punya wawasan mungkin akan membiarkannya sia-sia.

Contoh kedua (ada orang yang paham ilmu agama sekaligus bisnis) : Saat ada peluang, orang yang paham agama dan bisnis ini akan melihat dari 2 sisi sekaligus (agama & bisnis). Begitupun jika makin banyak ilmu, makin banyak sudut pandang ketika melihat sesuatu.

Inilah yang membuat manusia spesial, dan saya pun sedang mempelajarinya.

Kesimpulan

Yang saya sampaikan diatas bukan hanya soal cara mencari bakat saja, namun semua hal yang harus kita miliki untuk tetap bisa bertahan di tengah kerasnya dunia.

Intinya, mulai sekarang cobalah belajar banyak hal, kombinasikan semua itu kedalam sesuatu yang baru. Anda boleh coba semuanya, mulai dari masak, jualan, sampai dengan jadi youtuber.

Mulailah dengan hal kecil, yang paling mudah, yang anda suka dan lakukan setiap hari.

Dan yang terpenting, jangan lupakan poin utama yang saya sebutkan tadi, yakni mindset, pola pikir dan mental yang kuat.

Saya yakin, anda akan menemukan bakat terpendam sekaligus menciptakan talenta & kemampuan baru, serta mengaplikasikannya dengan cara kalian sendiri.

Hampir segala sesuatu yang saya sebutkan diatas berdasarkan pengalaman orang sukses, bukan dari saya semata.

Jadi jangan khawatir jika yang menggurui bukanlah orang yang berpengalaman, karena saya mengkombinasikan semuanya.

Selamat berjuang, terus belajar dan tetap tebarkan kebaikan untuk sesama, semoga bermanfaat 😊.

Topik terkait :

cara mencari bakat
cara menemukan bakat
cara menemukan bakat yang terpendam
cara mencari bakat yang terpendam
cara mengetahui bakat alami

Anton Life is complicated, but you are a mystery solver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *